Sunday, January 1, 2017

Honeymoon Santai di Phuket (Free and Easy)

Sawadikaaa... Pertengahan bulan Februari 2016 kita liburan ke Phuket selama 5 hari 4 malam, mau flashback sejenak nih semoga bisa membantu kalian" yang punya rencana liburan santai ke Phuket, terutama buat yg honeymoon.
Berhubung waktu liburan ke Phuket bukan di hari libur dan kita punya pekerjaan yang gak mengijinkan kita untuk liburan terlalu lama, jadi kita memilih perjalanan Jakarta-Phuket pada malam hari dan perjalanan pulang Phuket-Singapore pada pagi hari, jadi total liburan kita di Phuket sebenarnya hanya 3 hari full guys. Agak disayangkan siih, banyak tempat wisata yang belum sempat kita kunjungi seperti Wat Chalong, Big Buddha, Prompthep Cape, Kata View Point, Old Town Phuket, Weekend Night Market dan beberapa pantai di Phuket lainnya. Padahal awalnya sudah kita susun itenerary dan sudah punya plan untuk mengikuti One-Day Tour untuk menjelajahi kota Phuket. Sampai sana akhirnya memilih holiday santai aja, jadi kerjaannya main ke pantai, makan, tidur, dan makan lagi. Tapi tetap seru kok, secara kita ini doyan banget sama makan dan kuliner cobain ini itu, hehehe. Terus resort yang kita pilih juga memang lebih cocok untuk honeymoon guys, suasana dan viewnya itu lhoo bikin pengen lama” di resort, di pinggir lauuuut..

DAY 1 (10 Februari 2016)
Hari pertama sampai di Phuket International Airport sekitar pukul 09.00pm, kita langsung pesan taxi airport untuk perjalanan menuju Cape Sienna Resort, biaya sekitar THB700 dan perjalanan sekitar 40menit untuk sampai ke resort. Mengapa kita memilih Cape Sienna Resort? Alasan dan reviewnya yg lebih detail bisa kalian cek disini.

Nah, sampai resort sudah pukul 10.00pm, jadi kita memilih untuk nyantai saja di kamar resort sambil berendam air panas di bathtub dan memesan pizza dan makan thai cup noodle rasa tomyam (ini enaak banget guuuys).

DAY 2 (11 Februari 2016)
Paginya sarapan di Pool Side Restaurant dan bersantai sejenak di sana, sambil ngirup udara laut pagi.

Gak lama kemudian kita jalan kaki turun ke Kamala Beach sekitar 10 menit dan menyewa sepeda motor dengan harga THB200/hari. Harga sewa kendaraan sebaiknya ditawar terlebih dahulu, kita awalnya dikasih harga THB400 lho. Untuk menyewa kendaraan biasanya setiap agen minta passport sebagai jaminan, ketika kendaraan dikembalikan passport kita pun akan dikembalikan. Jadi ketika mencari agen sewa kendaraan cari yang meyakinkan ya supaya passport gak hilang / gak bermasalah.

Setelah mengitari daerah Kamala, kita melanjutkan perjalanan ke daerah Patong untuk makan siang dengan menggunakan aplikasi Waze. Resto pilihan pertama yang kita pilih setelah kita browsing sebelum ke Phuket adalah Kaab Gluay Restaurant, salah satu resto lokal yang menyediakan makanan authentic Thailand dengan nuansa yang nyaman (outdoor dan indoor AC) dan harga yang sangat murah, very recommended!!! Ini kita berdua makan sebanyak ini habis lhoo gak bersisa!! Gak boleh dong buang" makanan.. Waiters sana juga sepertinya ngeliatin keheranan "bakal habis gak tuuh?".

* Spicy Prawn or Seafood Soup - THB 135
* Green Curry w/ Beef - THB 135
* Deep Fried Honeyed Chicken in Pandanus Leaves - THB 125
* Deep Fried Crispy Streaky Pork w/ Salt - THB 125
* Noodles in Thai Style - THB 75
* Rice - THB 20
* Ice Tea - THB 45

Setelah makan siang, kita bersantai ria di Patong Beach, gak lama disini karena cuaca terlalu terik menyengat. Yg mau sunbathing silahkaan, biar tanning sedikit.

Setelah selesai keliling" naik motor, ternyata daerah Patong emang kecil, sepetak doang tapi banyak tempat yg bisa kalian kunjungin disana kok. Tempat makan banyak, streetfood apalagi, tempat hiburan, tempat massage, dll. Kita nyari paket tour ke Phi-Phi Island juga disekitar sini. Habis selesai nyari" tempat untuk kunjungan besok, agak sorean kita kembali lagi ke Cape Sienna Resort untuk sea-view dinner di Plum Restaurant.

DAY 3 (12 Februari 2016)
Kita sengaja memesan resort dengan paket breakfast hanya 1 malam, jadi pagi hari ke tiga ini kita mengelilingi daerah Kamala Beach untuk mencari sarapan dan akhirnya pilihan kita jatuh kepada Basicilico, gak jauh dari Kamala Beach dan tersedia beberapa menu paket breakfast western dan thai, dan pastinya banyak bule yang sarapan disini. Kita pesan paket western breakfast dan nasi goreng tomyam.

Setelah sarapan, kita kembali lagi ke Cape Sienna dan bersantai sejenak di Sienna Rock!! Berasa di surga ;p

Setelah bersantai sejenak, siangnya kita mengembalikan motor, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke daerah Patong dan pindah hotel ke Kalima Resort & Spa. Kereeen yaaah!! Langsung klik aja untuk review Kalima Resort lebih detail.

Setelah check-in kita memilih Baan Rim Pa Restaurant sebagai salah satu pilihan lunch kita yang letaknya hanya bersebrangan dengan Kalima Resort & Spa, dan cek di Tripadvisor ratingnya juga cukup tinggi. Restaurant Baan Rim Pa ini berada persis di pinggir bukit laut, jadi suasana lunch/dinner disini OK banget, nuansa pemandangan laut itu lhoo. Sayangnya harga makanan disini bisa dibilang cukup mahal guys. Gak banyak yg kita pesan karena mau mampir ke Patong lagi untuk nyari street food dan makanan lainnya.

* Beef Curry - THB 345
* Baked Rice in Pineapple - THB 295
* Noodles Soy Sauce - THB 245
* Coconut - THB 155
* Water - THB 75

Oh ya.. Sebelum makan siang awalnya kita mau nyewa sepeda motor didepan resort, setelah ditawar-tawar harga sewanya jadi 300Baht, tetapi setelah kita makan siang dan kembali ke tempat penyewaan, sepeda motornya sudah ludes, kalau udah ketemu langsung ‘cup’ aja, secara daerah Patong merupakan pusat kehidupannya Phuket jadi banyak turis yg nyewa motor. Dan akhirnya sore hari menggunakan tuk-tuk sekali jalan 200Baht, kita menuju ke Bangla Road dan Jungceylon Mall yang merupakan pusat perbelanjaan dan pusatnya kehidupan malam di Phuket. Dan dinner di Banzaan Night Market, dimana banyak seafood dan makanan Thailand disini, lokasinya berada pas di belakang Bangla Road. Jangan lupa untuk mencoba aneka street food, beli souvenir dan juga mencoba Thai Massage! Untuk info lebih lengkap mengenai Patong Beach, Bangla Road, Jungceylon Mall dan Banzaan Market bisa cek disini.

DAY 4 (13 Februari 2016)
Hari ke empat ini kita memesan paket one-day tour ke Phi-Phi Island w/ Speed Boat dengan harga THB1.600 /orang (termasuk National Park Fee, antar jemput hotel-dermaga-hotel dan makan siang). Dijemput di hotel jam 07.30 pagi, jadi kita sarapan dulu di hotel.

Lalu langsung melakukan perjalanan ke dermaga dan mampir ke pulau" di Phi-Phi Island seperti Maya Bay, Khai Island, Monkey Island, dll.

Setelah beraktivitas ke Phi-Phi Island, selesai sekitar pukul 05.30pm sampe hotel, kita bersantai sejenak di swimming pool Kalima Resort sampai malam. Sudah merasa kedinginan, baru kita balik ke kamar untuk beres".

Setelah beres" langsung kita cari restaurant untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Sampailah kita pada Ab Zab Restaurant yang awalnya sempat membuat kita ragu “Enak gak ya? Kok tempatnya agak suram? Gak ada orang lho! Di tripadvisor gak termasuk dalam recommended restaurant, hanya 2 review”. Tapi ternyata setelah kita coba masuk ke dalam, keluar lah istilah yang terkenal ini "don't judge the book by the cover!". Restaurant ini ternyata cukup lama, sudah ada belasan tahun, dari tampak luar memang kurang meyakinkan dan plang nama brand restaurant juga kurang terlihat, tetapi setelah masuk ke dalam suasana pemandangan langsung terlihat dan menghadap ke laut, makanan thai authentic disini juga murah dan enak, cocok untuk pecinta makanan pedas. Kita suka sama ikan snappernya, tomyam goong serta yellow curry yg pedeess! Thai ice tea nya juga pas, nyegerin.

* Pla Tod Ka Tiam (deep fried white snapper) - THB 480
* Rice - THB 20
* Thai Ice Tea - THB 70
* Chang Beer - THB 80

DAY 5 (14 Februari 2016)
Yap.. Hari Valentine ini hari terakhir kita di Phuket, bisa dibilang liburan ke Phuket kali ini merupakan hadiah Valentine ya, tidak perlu hadiah, tidak perlu bunga, yang penting kebersamaan dan kebahagiaan yang selalu hadir di antara kita.. Eaaaaa.. Mulai nge-lebay zizay bazay!!!! Anggap aja angin lalu........

Setelah sarapan di Kalima Resort kita langsung mulai packing dan menuju ke Phuket International Airport dan melakukan perjalanan kembali ke Singapore selama 3 jam. GOODBYE PHUKEEEET!!

Keep enjoy eating & dontmindthecalories.