Tuesday, May 17, 2016

Stunning view of Maya Bay, paket daytour ke Phi-Phi Island

Satu hari kita habiskan untuk island hoping mengeskplorasi pulau-pulau di Phuket area, salah satu yang paling terkenal adalah Phi-Phi Island, yang terletak antara Phuket dan Krabi Island. Sedikit penjelasan ya, Phi-Phi Island ini terdiri dari 2 pulau besar, yaitu Phi-Phi Don, pulau yang berpenghuni, digunakan sebagai resort dan Phi-Phi Leh, pulau yang tidak berpenghuni. Salah satu tourism spot yang paling terkenal di Phi-Phi Leh ini adalah Maya Bay, yang menjadi sangat popular semenjak dijadikan lokasi syuting film ‘The Beach’ yg diperankan oleh si ganteng bertalenta Leonardo Di Caprio di tahun 1999.

Sedikit sharing bagaimana menuju PhiPhi Island.. Sebenarnya banyak sekali tour agency lokal yg menawarkan paket daytour ke sana. Karena banyaknya kita jadi bingung juga guys mau pakai jasa yg mana. Harganya juga relatif bervariasi dari THB 1.200-2.000. Akhirnya kita decide untuk mengambil paket daytour di area Patong dari ‘phukettour’ dengan harga THB 1.600 (sudah include antar jemput hotel-dermaga-hotel, makan siang, transport dengan speedboat dan national park fee THB 400). Penyeberangan Phuket ke PhiPhi menggunakan speedboat hanya memakan waktu sekitar 45 menit, jauh lebih cepat daripada menggunakan big boat atau kapal ferry yang memakan waktu sekitar 2 jam, jadi harga daytour menggunakan speedboat memang relatif lebih mahal.

Sesuai itenerary, pagi hari sekitar pukul 08.00am, pihak tour menjemput kita langsung dari hotel tempat kita menginap menggunakan minibus untuk menuju ke dermaga dan melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat ke beberapa tempat seperti Phi-Phi Don, Phi-Phi Leh, Monkey Beach, Viking Cave, Pileh Cove, Loh Sahma Bay, Maya Bay, dan Khai Island. Karena arah angin laut berlawanan dengan arah tujuan speedboat kita, speedboat menjadi sangat bumpy karena melawan arus. Banyak diantara teman-teman daytour kita yang jadi mabok laut. Jadi bagi yang gak kuat dengan perjalanan air, disarankan untuk sedia antimo terlebih dahulu ya. Daytour berakhir sekitar pukul 4.00pm, kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju ke dermaga dan diantar kembali menuju hotel masing-masing. Itenerary yang lebih detail maupun paket daytour lainnya bisa dilihat di website phukettour.
Khai Island

Khai Island, stop pertama daytour kita adalah di tempat ini. Disini kita diberi waktu 2 jam untuk kegiatan watersport (tentunya dengan biaya tambahan sendiri). Kita bisa bersnorkeling, bermain jetski, atau sekedar berenang, memberi makan ikan, sunbathing berbaring di pantai. Bagi yg ingin mencicipi masakan lokal disana juga tersedia warung-warung makanan yg bisa kita cobain. Dari pihak organizer daytour, sambil menikmati Khai Island ini, kita disiapkan minuman dingin serta buah potong untuk melegakan dahaga setelah puas bermain water sport. Yang unik disini, penduduk lokal menyewakan set kursi pantai dan payung untuk bersantai menikmati angin laut seharga THB 100 untuk 2 orang. Walaupun ramai dengan turis, pengelolaan kebersihan di Khai Island ini sangat baik lho guys, tempatnya bersih terawat, gak ada sampah berceceran. Pasirnya putih dan lembut, serta dikelilingi oleh air laut yang jernih. Crystalclear! Stunning right!!

Crystal water

Sebelum singgah ke Monkey Island (Yong Ka Sem), kita diajak snorkeling dulu di area laut dangkal yang banyak coral dan ikannya. Oh ya.. Lupa mention. Daytour provider kita juga meminjamkan snorkle dan lifejacket untuk bersnorkeling.. Tapi untuk yang membutuhkan kaki katak harus sewa dengan biaya THB 200 (kalo gak salah inget ya.. soalnya kita gak sewa). Setelah puas bersnorkeling, barulah kemudian kita diantar ke Monkey Island, pulau dimana ada puluhan monyet-monyet yang menanti untuk diberi makan. Unique experience untuk melihat dan menyentuh monyet-monyet liar di alam bebas. Tapi perlu berhati-hati ya guys, namanya juga hewan liar. Kita aja melihat ada 2 monyet yang berkelahi memperebutkan makanan yang diberi oleh turis.
Snorkeling time

Monkey Island

Setelah mengunjungi Monkey Island, kita melanjutkan perjalanan kembali ke Phi-Phi Don untuk makan siang di restaurant penduduk lokal, makanannya ala buffet dan halal. But don't expect too much ya guys.. Namanya makanan di tempat wisata yg melayani banyak turis. Makanan disini yang dicari untuk mengenyangkan setelah aktifitas, bukan untuk nikmatnya (hehehe).

Dari Phi-Phi Don, kita menuju Phi-Phi Leh untuk melewati Viking Cave, Pileh Cove dan Loh Sahma Bay. Viking Cave adalah goa yang terdapat di dinding batu kapur, konon di dalam gua tersebut ditemui lukisan perahu viking, makanya dinamakan Viking Cave. Sekarang gua ini merupakan rumah dari kawanan burung walet. Lalu kita diajak melewati Pileh Cove, kumpulan tebing-tebing di tengah laut dan melewati Loh Sahma Bay.
Pileh Cove

Viking Cave

Hightlight of the day! Akhirnya sampai ke tujuan terakhir yang ditunggu-tunggu, Maya Bay! Seperti yg saya ungkapkan sebelumnya. Maya Bay sangat booming setelah shooting film "The Beach". Sesuai dengan cerita di filmnya guys. Tempat ini memang sangat indah dan tersembunyi, ibaratnya hamparan pantai pasir putih di teluk berair jernih dan sebening kristal. yangg tertutupi oleh tebing-tebing setinggi 100an meter di tiga sisi. Tidak terlihat oleh dunia luar. Hahaha... Naah, sampai disini kita diberi waktu sekitar 1 jam untuk bersnorkeling lagi, sunbathing atau sekedar berfoto-foto ria mengabadikan tempat yg indah ini.

Before touchdown

Maya Bay!

So stunningly beautiful, right?! Sayangnya banyak sekali kapal boat dan turis-turis wisata yang datang kesini setiap harinya. Jika kalian mau menghindari keramaian, cobalah datang lebih awal di pagi hari atau setelah pukul 05.00pm, atau.. datanglah saat off-peak season. Bagi yang mau liburan di Phuket, Phi-Phi Island, have fun ya!!

Keep enjoy eating & dontmindthecalories.